Om Swastyastu
Mantram Kramaning Sembah/ Panca Sembah pernah penulis sampaikan di blog ini. Mantram tersebut biasa kita gunakan saat persembahyangan, setelah melaksanakan Puja Tri Sandhya. Ketika kecil dan masih menempuh pendidikan di Pasraman Pura Candra Prabha (Jakarta Barat), penulis ingat bahwa Mantram Panca Sembah tidak hanya terdiri dari 1 (satu) bait saja. Masih ada kelanjutan dari mantram ini yang belakangan tidak tertulis/ tidak terucapkan dan/atau terdapat ke-tidak seragaman saat persembahyangan bersama (sebagian umat hanya satu bait dan sebagian lain masih ada yang dilafalkan secara utuh).
Berikut Pembahasan Perbedaan Mantram Kramaning Sembah/ Panca Sembah :
Kramaning Sembah I
Mantram :
"Om atma Tattwatma Suddhamam swaha"
Pembahasan
Tidak ada perbedaan pada Kramaning Sembah I / Sembah puyung / tangan kosong ini. Mantram tersebut memiliki arti :
"Oh Hyang Widhi, atma atau jiwa dan kebenaran, bersihkanlah diri hamba"
Kramaning Sembah II
Sebelumnya :
Mantram :
"Om Adityasyà param jyoti
rakta tejo namo’stute
sweta pankaja madhyastha
bhàskaràya namo’stute
Om Pranamyam bhaskaram dewam sarwa klesa winasanam
Parama ditya siwartam bhukti mukti waram pradam
Om Hrang hring sah parama Çiwa raditya yanamah swaha"
"Om Adityasyà param jyoti
rakta tejo namo’stute
sweta pankaja madhyastha
bhàskaràya namo’stute"
Pembahasan
Sembah kedua ini merupakan permohonan upasaksi yang ditujukan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan manifestasi-Nya sebagai Sang Hyang Raditya (matahari) dan menggunakan sarana sekar putih.
Arti dari Bait 1 (satu) :
"Oh Hyang Widhi, Sinar Hyang Surya Yang Maha Hebat. Engkau bersinar merah, hamba memuja-Mu. Hyang Surya yang berstana di tengah-tengah teratai putih. Hamba memuja-Mu yang menciptakan sinar matahari berkilauan"
Arti dari Bait 2 (dua) :
Penulis melakukan pencarian arti/ makna dari Bait 2 (dua) ini dan belum ditemukan artinya secara utuh dari google. Penulis kemudian menggunakan google translate untuk mencari artinya secara utuh. Penggunaan google translate, pertama dengan mendeteksi bahasa dan mengartikannya ke bahasa Hindi, kemudian di artikan kembali ke Bahasa Indonesia. Hasil terjemahan dari google translate memiliki susunan kata dan kalimat yang tidak beraturan, namun secara garis besar Bait 2 (dua) ini memiliki arti/ makna yang sama dengan Bait 1 (satu).
Kramaning Sembah III
"Om nama dewa adhisthanàya
sarwa wyapi wai siwàya
padmàsana eka pratisthàya
ardhanareswaryai namo namah
Om Brahma Wisnu Iswara dewam, jiwatmanam trilokanam
Sarwa jagat pratisthanam sarwa rogawimorcitam sarwa
Rogawinasanam wighna desa winasanam
Om namah siwaya"
Menjadi :
"Om nama dewa adhisthanàya
sarwa wyapi wai siwàya
padmàsana eka pratisthàya
ardhanareswaryai namo namah"
Pembahasan
Sembah ketiga ini merupakan sembah kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa manifestasi-Nya sebagai Ista Dewata (Dewa yang berstana di tempat melakukan pemujaan) dan permohonan kerahajengan jagat yang ditujukan kepada Sang Hyang Samodhaya. Sembah ini menggunakan kewangen/ sekar kangkad/ bunga merah :
Arti dari Bait 1 (satu) :
"Oh Hyang Widhi, yang bersemayam pada tempat yang luhur, kepada Hyang Siwa yang berada di mana-mana, kepada dewata yang bersemayam pada tempat duduk bunga teratai di suatu tempat, kepada Ardhanaresvari hamba memuja"
Arti dari Bait 2 (dua) :
Penulis melakukan pencarian arti/ makna dari Bait 2 (dua) ini dan belum ditemukan artinya secara utuh dari google. Penulis kemudian menggunakan google translate untuk mencari artinya secara utuh. Penggunaan google translate, pertama dengan mendeteksi bahasa dan mengartikannya ke bahasa Hindi sebagai berikut :
ओम ब्रह्मा विस्नु इस्वर देवम, जीवात्मनाम् त्रिलोकनम्
सर्वे जगत प्रतिस्थानम् सर्व रोगविमोरचितम् सर्व
रोगविनासनम् विघ्न देस विनासनम्
ओम नमः सिवाय
Kemudian di artikan kembali ke Bahasa Indonesia sebagai berikut :
Brahma, Visnu Iswr Devm Om, Jiwatmnam Triloknm
Survey semesta Pratisthanm melayani semua Rogvimorcitm
Gangguan Rogvinasnm des Vinasnm
Om Namah kecuali
Seperti sebelumnya, hasil terjemahan dari google translate memiliki susunan kata dan kalimat yang tidak beraturan, namun secara garis besar Bait 2 (dua) ini ditujukan kepada Trimurti ( Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa) dan Dewa Iswara.
Menurut Subadra, mantram ini cukup di Bait 1 (satu) saja. Penambahan Bait selanjutnya disesuaikan dengan jatuhnya muspa pada Hari Raya tertentu, sebagai berikut :
Om brahma putri maha dewi
Saraswati sayadnyanam
Pradnyana ya saraswati
Om saraswati dipata ya namah swaha
(Tambahkan mantra tersebut jika muspa pada Hari Raya Saraswati)
Om brahma wisnu iswara dewam
Jiwat manam tri lokanam
Sarwa jagat prastiyanam
Sawra roga wisnu cirtam
(Tambahkan mantra tersebut juka muspa di Pura Kayangan Jagat)
Om ang brahma prajapati sresta
Swayem bhu paradham guru
Patmayoni catur watra
Brahma skayem unceyate
(Tambahkan mantra tersebut jika muspa di Pura Dalem/Mrajapati)
Menurut purwaspiritual, Pada Persembahyangan umum seperti pada Hari Purnama dan Tilem, Dewata yang dipuja adalah Hyang Siwa yang berada dimana-mana.
Stawanya sebagai berikut:
Om brahma wisnu iswara dewam, jiwatmanam trilokanam, sarwa jagat pratistanam, suddha klesa winasanam.
Om dewa-dewa tri devanam, tri murti linggatmanam tri purusa sudha-nityam, sarvajagat jiwatmanam.
Om guru dewa guru rupam, guru padyam guru purvam, guru pantaram devam, guru dewa suddha nityam.
Om guru paduka dipata ya namah
Om dewa-dewa tri devanam, tri murti linggatmanam tri purusa sudha-nityam, sarvajagat jiwatmanam.
Om guru dewa guru rupam, guru padyam guru purvam, guru pantaram devam, guru dewa suddha nityam.
Om guru paduka dipata ya namah
Kramaning Sembah IV
"Om augreraham manuharem, Dewa data nugrahakem,Yarcanam sarwa pujanam,Namah sarwa nugrahakem. Dewa dewi maha siddhi,Yadnya kartham mulat midem,Laksmia, Siddhisca Dirgayu,Nirwigwna Sukawerdhi tah"
Menjadi :
"Om anugraha manoharam dewa dattà nugrahaka arcanam sarwà pùjanam namah sarwà nugrahaka. Dewa-dewi mahàsiddhi yajñanya nirmalàtmaka laksmi siddhisca dirghàyuh nirwighna sukha wrddisca"
Pembahasan
Sembah keempat ini merupakan sembah kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan manifestasi-Nya sebagai dewa pemberi anugerah dan permohonan warabugraha/penugerahan. Sembah ini menggunakan kewangen/ bunga.
Arti dari mantram keempat :
"Oh Hyang Widhi, pemberi anugrah, anugrah pemberian Dewata, pujaan dari segala pujaan, hamba memuja-Mu sebagai pemberi segala anugrah. Kemahasiddhian dari para Dewa dan Dewi berwujud yadnya suci. kebahagiaan, kesempurnaan, panjang umur, bebas dari rintangan, kegembiraan dan kemajuan rohani dan jasmani"
Perbedaan Mantram seperti yang penulis tuliskan dengan warna biru dan latar kuning :
Sebelumnya :
Yadnya kartham mulat midem
Menjadi :
yajñanya nirmalàtmaka
Selain itu terdapat juga sebagian umat yang menggunakan mantram di
Kramaning Sembah IV sebagai berikut :
"Om Anigraha manohara dewadattanugrahaka
Arcanam sarwa pujanam, namah sarwanugrahka
Dewa dewi maha sidhi yajňanga nirmalatmaka
Laksmi siddhircadhirghahayu, Nirwighna sukha wrddhisca
Om Gring anugraha arcana ya namo namah swaha
Om Gring anugraha manuhara ya namo namah swahaOm Gring anugraha arcana ya namo namah swaha
Ayur werdi yaso werdi
Wredir pradnya sukha sriyam
Dharma santana wredisca
Santute sapta wredayah
Yatta meru sthita dewa
Yawat gangga mahe taleYatta meru sthita dewa
Candrakau ganggane tawat
Tattwatma wijayam bhawat
Om Dhirgahayu astu tat astu astu swaha
Om Awighnam astu tat astu swaha
Om Subhamastu tat astu astu swaha
Om Sukham bhawantu purnam bhawantu sriyam bhawantu
Sapta werdhi astu tat astu astu swahaOm Dhirgahayu astu tat astu astu swaha
Om Awighnam astu tat astu swaha
Om Subhamastu tat astu astu swaha
Om Sukham bhawantu purnam bhawantu sriyam bhawantu
Antyestih parama pindam
Antyestih dewa mersittah
Sarwestih eka stanawa
Sarwa Dewa sukha pradana
Ya namo namah swaha"
Berdasarkan subadra, Terdapat juga sebagian Umat yang melafalkan Kramaning Sembah IV sebagai berikut :
Om anugraha mano hara
Archanam sarwa pujanam
Namah sarwa nugrahaka
Om dewa dewi maha sidhi
Yajnanga nirmalatmaka
Laksmi sidhis ca dirgahayu
Nirwigenha sukha werdhis ca
Om sryam bhawantu
Shukham bhawantu
Purnham bhwantu
Om ksama sampurna ya namah swaha
Bait terakhir tersebut juga merupakan Doa Memasang Bija, sebagai berikut :
menempelkan bija di dahi :
Om sriyam bhawantu
Oh tuhan, semoga kebahagiaan selalu hamba peroleh
Menempelkan bija dibawah tenggorokan :
Om sukham bhawantu
Oh tuhan, semoga kesenangan selalu hamba peroleh
Menelan bija :
Om purnam bhawantu, om kesama sampurnam ya namah swaha
Oh tuhan, semoga kesempurnaan meliputi hamba
Oh tuhan, semoga semuanya menjadi bertambah sempurna
Kramaning Sembah V
Mantram :
Om Dewa suksma paramà cintyàya nama swàha. Om Sàntih, Sàntih, Sàntih, Om
Pembahasan
Tidak ada perbedaan pada Kramaning Sembah V / Sembah puyung / tangan kosong ini. Mantram tersebut memiliki arti :
"Oh Hyang Widhi, hamba memuja-Mu yang tidak terpikirkan. Semoga damai, damai, damai selalu"
Bila persembahyangan itu dituntun oleh seorang Sulinggih/ Pandita/ Pinandita, maka sebelum sembah puyung terakhir, biasanya tambahan mantramnya adalah seperti dibawah ini. Para peserta persembahyangan (umat) hanya mengikuti dalam hati tanpa ikut mengucapkan mantra.
"Om ayur vrddhir yaso vrddhih, vrddhih orajna sukha sriyam, dharma santana vrddhih syat, santu te sapta-vrddhayah.
Om yavan Merau sthito devah, yavad Gangga mahitale, candrarkau gagane yavat, tavad va vijayi bhavet.
Om dirghayur astu tathastu, Om avighnam astu tathastu, Om subham astu tathastu, Om sukham bhavatu, Om purnam bhavatu, Om sreyo bhavatu, Sapta vrddhir astu"
Artinya :
Bertambah dalam usia, bertambah dalam kemashuran, bertambah dalam kepandaian, kegembiraan dan kebahagiaan, bertambah dalam dharma dan keturunan, tujuh pertambahan semoga menjadi bagianmu.
Selama Tuhan bersemayam di Gunung Meru, Selama sungai Gangga berada di dataran bumi, Selama matahari dan bulan berada di langit, Selama itu semoga seorang mendapat kejayaan.
Semoga panjang umur, Semoga tiada rintangan, Semoga baik, Semoga bahagia, Semoga sempurna, Semoga rahayu, Semoga tujuh pertambahan terwujud.
Setelah persembahyangan selesai dilanjutkan dengan mohon tirtha dan bija.
Kesimpulan Umum
Seperti kita ketahui bersama, Agama Hindu merupakan Agama yang berada di jalan dharma. Tidak ada sedikitpun paksaan untuk keseragaman yang dapat mengakibatkan perlawanan dengan bathin atau rasa yang di miliki masing-masing umat, khususnya dalam melaksanakan persembahyangan atau berhubungan dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Umat Hindu perlu tetap berpegang kepada 2 (dua) Sloka tentang ke - Esaan Tuhan dan Tata Cara Puja kepada Tuhan dalam Agama Hindu sebagai berikut :
"EKAM SAT WIPRAH BAHUDA WADANTI”
Artinya :
“Hanya satu (Ekam) Sang Hyang Widhi (Sat), namun orang bijaksana (viprah) menyebutkan (wadanti) dengan banyak nama (bahuda)
dan Bhagawad Gita IX.26 :
"patram puspam phalam toyam
yo me bhaktya prayacchati
tad aham bhakty-upahrtamasnami prayatatmanah"
yo me bhaktya prayacchati
tad aham bhakty-upahrtamasnami prayatatmanah"
Artinya :
Siapa yang sujud kepada-Ku dengan persembahan setangkai daun, sekuntum bunga, sebiji buah-buahan atau seteguk air, Aku terima sebagai bakti persembahan dari orang yang berhati suci.
Maka beribadahlah kepada Sang Hyang Widhi sebagai umat yang berhati suci tanpa paksaan apapun, dan jadikanlah setiap ibadah kita sebagai sebuah kesadaran penuh dari dalam diri kita sendiri atas dasar kebenaran.
Om Santih Santih Santih Om
Oleh eliciadwipratama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar